Sebagai peternak, seharusnya kita sudah tahu bahwa kesehatan hewan ternak harus di prioritaskan. Seperti kelelahan, stress, kurang pakan, dsb. Karena jika hewan ternak stress, akan menurunkan kualitas daging hewan ternak tersebut. Dari hal itu, tips mencegah stress hewan ternak di perlukan.

Hewan yang stress juga memiliki tanda-tanda khusus yang bisa kita perhatikan. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Nafsu makan kambing akan berkurang. Tandanya seperti makanan yang bersisa atau bahkan tidak di makan sama sekali.
  • Kambing beraura tidak baik dan sering menduduk.
  • Kambing tidak banyak beraktifitas dan hanya berdiam diri. Juga tak jarang kambing terlihat lesu dan tak bertenaga.

 

Baca Juga Larangan Idul Adha (klik disini)

 

Lantas Apa Saja Tips Mencegah Stress Hewan Ternak? Berikut Pemaparannya..

 

 

  • Pemberian jamu; terdapat jamu yang dapat di berikan untuk mengatasi masalah kelesuan dan meningkatkan stamina ternak kambing anda. Jamu ini di dapatkan dengan membuat ramuan sendiri. Hanya ada beberapa ramuan yang di berikan kepada kambing. Ramuan pertama adalah campuran santan dari dua buah kelapa yang di campur dengan setengah kilogram gula jawa serta 1 liter air. Yang kedua adalah melarutkan gula merah sebanyak seperempat kilogram dan asam jawa secukupnya untuk membantu kambing beradaptasi dengan situasi yang terik atau lingkungan baru. Ramuan yang ketiga adalah campuran madu sebanyak seperempat gelas dengan kuning telur itik sebanyak 1 butir. Campuran ini di minumkan kepada kambing untuk dapat meningkatkan kembali staminanya. Pemberian ramuan jamu ini telah berhasil membantu ternak kambing untuk kembali aktif dan berstamina tinggi.
  • Selain pemberian jamu stamina yang menurun pada ternak kambing dapat di atasi dengan melakukan penggembalaan. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, kambing yang staminanya turun biasa di sebabkan oleh stress akibat adaptasi yang tidak berhasil di lakukan. Oleh karena itu, peternak dapat membantu kambing beradaptasi dengan melakukan penggembalaan kambing untuk berjalan-jalan ke luar dari kandang. Tentu saja stress pada ternak kambing akan berkurang dan semangat serta staminanya akan kembali meningkat.

 

Daging Alot Dari Hewan Stress? (klik disini)

 

Sumber: fredikurniawan.com

Scroll to Top