Banyak yang ber anggapan bahwa daging kurban tinggi kolesterol. Hal itu memang benar. Akan tetapi jika kita mengkonsumsi daging tersebut secara berlebihan. Permasalahannya adalah banyak orang yang sangat menyukai daging tersebut. Alhasil banyak orang juga yang pusing setelah makan daging kurban berlebih. Umumnya, sehabis makan daging kurban, orang kerap memilih minuman teh manis dan es jeruk. Pilihan tersebut memang bagus. Namun, ada opsi yang lebih baik untuk meminimalisir kolesterol dalam daging kurban.

 

baca juga tata cara pembagian daging kurban (klik disini)

 

 

Berikut adalah beberapa tips meminimalisir kolesterol dalam daging kurban

 

Kolesterol memang berbahaya bagi seseorang dengan darah tinggi. Tak hanya itu, orang normal jika terkena kolesterol tinggi dapat menyebabkan pusing hingga pingsan. Hal tersebut tentu tidak di inginkan dan harus di minimalisir.

 

 

Beberapa minuman dapat membantu meminimalisir kandungan kolesterol dalam daging kurban seperti:

  • Smoothies Berries

Buah ini di percaya dapat meminimalisir kolesterol. Mengapa? Kandungan lemak dan kalori dalam buah ini terbilang sedikit. Selain itu, buah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Yang mana kandungan tersebut dapat meminimalisir bahaya kolesterol yang terdapat pada daging kurban.

 

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung anti oksidan yang bisa menurunkan kadar LDL (kolesteroljahat) dan keseluruhan koleksterol. Selain teh hijau alternatif lainnya adalah teh hitam namun efek menurunkannya tidak sebanyak teh hijau.  Ini karena kandungan catechin dalam teh berbeda sehingga di serap secara berbeda pula oleh tubuh.

 

 

baca juga daging sapi untuk diet (klik disini)

 

  • Susu Oat

Oatmeal mengandung beta-glucan yang mampu menghasilkan gel yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Untuk hasil maksimal, Anda perlu mengonsumsi sekitar 3 gr beta-glucan. Ini mampu mengurangi 7% LDL. Dalam satu gelas susu oat mengandung sekitar 1,3 gr beta-glucan.

 

  • Jus Tomat

Tomat sangat kaya dengan zat lycopin yang bisa meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat). Selain itu tomat juga sangat kaya dengan serat dan zat niacin yang bisa mengurangi kolesterol. Sebaikan ketika membuat jus tomat jangan menambahkan gula terlalu banyak.

 

  • Susu Kedelai

Susu kedelai sangat rendah lemak. Mengantikan asupan susu sapi dengan susu kedelai mampu membuat kadar kolesterol turun. FDA (badan obat dan makanan Amerika) merekomendasikan 25 gram protein kedelai setiap harinya karena mampu menurunkan lemak jahat dan koleksterol. Di harapkan dengan cara ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Lembaga kesehatan lainnya merekomendasikan konsumsi 2-3 porsi susu kedelai, dengan satu porsi sebanyak 250 ml.

 

 

baca juga ciri sapi bakalan yang berkualitas (klik disini)

 

Sumber: jaktimnews

 

Scroll to Top Call Now Button