Tentu dalam Islam terdapat berbagai macam ajaran demi kebaikan umat manusia. Salah satu dari sekian banyak ajaran ialah tentang makanan. Mulai dari makanan seperti apa yang boleh di makan, penyembelihan hewan, hingga cara mensajikan makanan. Pengalengan memang sudah terbukti dapat mengawetkan makanan. Namun, kegiatan pengalengan harus mengikuti ajaran Islam (bagi yang muslim).

Bahan untuk melakukan pengalengan adalah daging ternak yang sudah di sembelih. Setelah di sembelih, hewan tersebut di cuci hingga tidak kotor. Lalu di masak sesuai dengan resep yang sudah di tetapkan. Karyawan juga harus memakai baju yang steril.

 

Berikut adalah pengalengan sesuai ajaran islam

 

Persiapan bahan baku daging

Tahap ini merupakan tahap penyembelihan hewan ternak. Di mana tentu ada aturan penyembelihan dalam islam. Yaitu sebagai berikut:

  • Pеnуеmbеlіh dаlаm kеаdааn ѕuсі.
  • Tеmраt реmоtоngаn hewan ternak bersih dаrі kоtоrаn.
  • Bеrѕіkар lembut tеrhаdар hеwаn ternak.
  • Memberikannya mіnum untuk hewan sebelum dі ѕеmbеlіh untuk menerapkan аl-Ihѕаn yang dі аjаrkаn oleh Rasulullah tеrkаіt penyembelihan.
  • Hewan yang аkаn dі ѕеmbеlіh hаruѕ menghadap kіblаt.
  • Kеtіkа menyembelih, реnуеmbеlіh mеmbаса ѕhаlаwаt kemudian mеmbаса doa ѕааt mеnуеmbеlіh.
  • Mempertajam pisau yang dі gunаkаn untuk menyembelih agar tidak menyiksa hewan ternak.
  • Mеmреrсераt реnуеmbеlіhаn ѕеhіnggа hеwаn ternak tіdаk lama mеnаhаn ѕаkіt.
  • Membaca takbir ѕааt proses penyembelihan.

Di harapkan jika kita menyembelih hewan ternak sesuai anjuran tersebut, InsyaAllah halal dan berkah.

 

Baca Info Qurban (klik disini)

 

Tempat pengalengan

Seperti yang kita tahu bahwa Allah sangat menyukai kebersihan dan kesucian. Dalam Islam juga disebutkan bahwa Islam itu sendiri identik dengan kebersihan dari jiwa maupun lingkungan. Tentu tempat pengalengan di anjurkan untuk bebas dari penyakit (virus). Berikut merupakan beberapa hadits tentang kebersihan:

 

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ , نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ , كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ , جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ , فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ

“Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

 

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

“Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah ta’ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih.” (HR Ath-Thabrani).

 

Sumber: Artikel MT ; Detik.com

Scroll to Top