Pengalengan merupakan proses memasukan daging kedalam kemasan kaleng. Dimana dengan tujuan membuat produk dalam kemasan bertahan lebih lama. Tentu hal tersebut adalah langkah baik dalam penjualan daging. Proses pengalengannya pun memakan waktu yang lama. Agar ketahanan dalam kemasan menjadi akurat.

Perusahaan MT Farm ini sudah melakukan lebih dari 5 tahun lamanya. Tempat pengalengan MT Farm berlokasi di daerah Ciampea Bogor.

Pengalengan MT Farm memiliki berbagai proses. Yaitu:

  1. Persiapan daging yang ingin di olah
  2. Memasak daging hingga bumbu meresap
  3. Pengisian daging ke dalam kaleng kemasan
  4. Lalu proses pengalengan seperti exhausting, sealing, sterilisasi, dan cooling.

Tempat Pengalengan

Mnews.- Mitra Tani Farm (MT Farm), salah satu pelaku UMKM yang bergerak di bidang peternakan hewan untuk kurban, akikah, dan produk turunan dari kulit kambing/sapi ini mulai melakukan terobosan baru. Mereka mengemas daging hewan kurban maupun akikah dalam kemasan kaleng, dengan harga bersaing dan kualitas daging yang tetap terjaga dengan baik.

Dengan mengusung produk berupa domba unggulan, MT Farm memulai inovasi produk daging dalam kemasan kaleng dengan berbagai varian rasa. Mulai dari rendang domba, gulai domba, hingga tongseng, kari, dan tengkleng. Daging di proses dengan autoclave dan bisa tahan hingga 3 tahun.

 

 

Proses autoclave ini mirip dengan proses sterilisasi yang di lakukan dengan panci tekan (presto). Selama kemasan tetap steril dan tidak ada kebocoran, daging bisa awet bertahun-tahun tanpa harus di simpan dalam lemari pendingin.

 

Baca Juga Produk Kaleng Mirip Dengan Suplemen (klik disini)

 

Proses sterilisasi dengan autoclave biasa di gunakan untuk mensterilkan alat-alat medis. Autoclave menggunakan tekanan uap panas dengan suhu sekurang-kurangnya 121 derajat Celcius. Alat yang sudah di kenal sejak tahun 1879 silam hasil pemikiran Charles Chamberland ini efektif untuk mematikan mikroba atau patogen pada unsur logam.

Dengan jumlah pegawai sekitar 8 orang, MT Farm bisa memproduksi 168 kaleng per harinya. Sekaleng olahan daging domba dalam kemasan kaleng di banderol dengan harga Rp 30 ribuan.

MT Farm menerapkan zero waste dalam setiap produksi daging domba kalengannya. Yang artinya tidak ada bagian dari domba yang terbuang. Biasanya daging domba di olah menjadi rendang, tongseng, dan kari. Sedangkan kaki domba di olah menjadi tengkleng, iganya di buat jadi sop, dan jeroannya di olah menjadi gulai.

 

 

Sumber: mnews

Scroll to Top