Telah beredar pertanyaan di masyarakat terkait waktu penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1442 Hijriyah di lakukan pada malam hari. Menurut sebagian ulama, hukum menyembelih hewan kurban Idul Adha pada malam hari adalah makruh. Putusan hukum tersebut di ambil lantaran kekhawatiran potensi terjadinya kekeliruan pada penyembelihan ataupun keterlambatan dalam membagikan daging kurban kepada penerimanya.

 

فرع، وتكره التضحية ليلا خشية  أن يخطىء المذبح أو يصيب نفسه أو يتأخر بتفريق اللحم

“Di makruhkan melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada malam hari. Karena di khawatirkan terjadi kekeliruan pada penyembelih, atau membahayakan penyembelih, dan keterlambatan membagikan daging kurban,” bunyi petikan arti kutipan itu.

 

Baca juga tata cara pembagian daging kurban (klik disini)

 

 

Oleh karena itu, umat Islam yang menyembelih hewan kurban sebelum shalat ‘Id selesai akan tidak sah kurbannya.

من ذبح قبل الصلاة فإنما يذبح لنفسه، ومن ذبح بعد الصلاة والخطبتين فقد أتم نسكه وأصاب سنة المسلمين

“Barang siapa yang menyembelih hewan kurban sebelum shalat ‘Id maka hanya penyembelihan biasa (Bukan ibadah Kurban), dan barang siapa melaksanakan penyembelihan setelah shalat ‘Id dan dua khutbah maka sempurnalah ibadahnya dan telah memperoleh kesunahan sebagai orang muslim,” bunyi petikan arti kutipan itu.

 

Baca juga transaksi jual beli menurut ayat alquran (klik disini)

 

Aturan-aturan yang telah di jelaskan bukanlah untuk mempersulit seseorang dalam melaksanakan ibadah kurban. Melainkan untuk memberikan tata cara yang benar menurut syara’, sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

ووقت الذبح من وقت صلاة العيد إلى غروب الشمس من آخر أيام التشريق

“Waktu penyembelihan hewan kurban di mulai setelah pelaksanaan shalat ‘Id sampai terbenamnya matahari dari akhir hari tasyriq.” bunyi petikan kutipan itu. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dapat di mulai ketika matahari telah naik sepenggalah atau sekitar pukul 08.30 sampai dengan selesai. Sejumlah fuqaha menilai, bahwasannya akan lebih baik jika penyembelihan dan pembagiannya di laksanakan pada siang hari.

 

Semoga dengan apa yang telah di jelaskan oleh beberapa ayat-ayat, akan membantu kita semua sebagai umat muslimin yang di jalan Allah SWT.

 

Baca juga tips daging kambing rendah kolesterol (klik disini)

 

Sumber: bekasi.pikiran-rakyat

Scroll to Top Call Now Button