Autoclave merupakan proses penghilangan udara pada kemasan. Dan tentunya ada berbagai macam jenis Autoclave ini. Untuk fungsi dan tujuan tetap sama. Namun yang membedakan adalah daya tampung dan model menyalakan dari alat itu sendiri. Semakin besar alat Autoclave maka daya tampung juga akan semakin banyak, Begitupun sebaliknya.

Pada dasarnya prinsip kerja autoclave yakni mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas di salurkan ke air. Lalu air menjadi mendidih dan menghasilkan uap air, uap air berkumpul dan meningkatkan tekanan. Udara terdorong keluar dan suhu terus meningkat dan di kontrol sesuai kebutuhan. Panas dari uap air yang mendidih dan tekanan tinggi akan di kontrol pada rentan waktu tertentu sehingga bisa membunuh mikroba pada suhu 100 hingga 134°C.

 

Jenis – Jenis Autoclave

Berbentuk Panci

Autoclave jenis ini memiliki bentuk seperti tabung yang cukup memanjang keatas. Volume dari autoclave jenis ini dipengaruhi oleh diameter dan tinggi autoclave itu sendiri. Beberapa jenis autoklaf jenis panci ini masih menggunakan media kompor untuk pemanasan, namun ada juga yang menggunakan media heater listrik untuk pemanasan. Biasanya juga masih memiliki tombol pengatur suhu dan waktu yang analog.

 

sumber: andarupm

 

Berbentuk Lemari

Memiliki bukaan depan atau atas, yang artinya media atau objek yang akan di sterilisasi bisa di masukan dengan mudah melalui pintu depan maupun atas. Sebagian besar sudah menggunakan energi listrik untuk operasional pemanasan air. Tersedia dengan ukuran yang bermacam-macam. Jika anda memiliki jenis benchtop autoclave, peruntukannya bisa di tempatkan di atas meja laboratorium.

 

sumber: andarupm

 

Berbentuk Analog

Jenis ini biasanya menggunakan potensio meter putar untuk men-setup suhu maupun waktu. Jenis autoclave ini masih banyak yang berupa panci autoklaf dengan sekrup pengaman untuk pengencang tutup autoclave.

sumber: andarupm

 

 

Informasi Produk Kaleng Segar (klik disini)

 

Berbentuk Digital

autoclave yang penggunaan atau operasionalnya mudah. Karena sudah di lengkapi dengan panel digital untuk controller. Baik controller suhu, tekanan, waktu maupun informasi cycle. Display informasi proses juga tersaji dengan apik pada LCD monitor. Karena proses penggunaannya yang mudah, autoklaf jenis ini sudah banyak di gunakan pada laboratorium penelitian, kampus maupun rumah sakit.

sumber: andarupm

 

Small Capacity Autoclave

Kapasitas autoclave yang sedikit.

 

Large Capacity Autoclave

Kapasitas autoclave yang banyak.

 

Autoclave Vertical Loading

Jenis autoclave yang memili bukaan di atas, tipe panci autoclave masuk kedalam kategori vertical loading autoclave. Tidak hanya autoclave tipe panci yang memiliki bukaan atas, autoklaf tipe lemari juga memungkinkan memiliki bukaan atas.

sumber: andarupm

 

Autoclave Front Loading

Salah satu jenis autoclave yang memiliki posisi bukaan di depan. Tentunya memudahkan pengguna untuk memasukan produk, biasanya di sertai pintu dengan bagian kaca(transparan) untuk mempermudah pengamatan objek yang di sterilisasi.

 

 

 

 

 

Scroll to Top