Bagi para usahawan yang bergerak di bidang penggemukan domba, tentu tak asing dengan istilah domba bakalan. Domba bakalan ini adalah domba yang belom matang usianya, namun masih bisa di pelihara hingga bobot bertambah. Dengan bertambahnya bobot tersebut, harga jual pun ikut naik. Usaha ini merupakan tipe usaha peternakan yang sudah umum. Mulai dari domba, sapi, kambing, ayam, dsb. Semua jenih hewan ternak memiliki bibit bakalan. Proses penggemukan ini meliputi memberi pakan yang berkualitas. Sesuai dengan resep perusahaan masing-masing. Semakin bagus resep yang di berikan kepada domba, biasanya domba tersebut akan mengalami peningkatan bobot badan yang optimal.

Tentu sebelum penggemukan domba bakalan, kita sebagai pelaku usaha penggemukan domba harus pintar-pintar memilih domba bakalan yang baik dan kedepannya akan berkualitas dan ber nilai jual tinggi.

 

Berikut adalah domba bakalan yang akan berkualitas jika di pelihara! mohon simak..

 

  • Bagian Kepala

Bagian kepala bakalan yang berkualitas tidak terlalu panjang. Karena jika dilihat dari depan, bagian kepala terlihat besar dan lebar. Domba yang sehat memiliki mulut besar dan lebar, moncong tidak runcing, bertanduk sedang, daun telinga panjang, serta mata tidak rabun atau buta.

Untuk mengetahui kebutaan ternak, Anda bisa mengetahuinya dengan cara mendekatkan jari pada mata. Jika domba berkedip, berarti domba tidak buta atau rabun.

 

  • Bagian Badan

Bentuk badan bakalan yang bagus adalah panjang dan besar. Untuk punggung baiknya rata, lurus, dan lebar. Bagian dada dalam dan lebar, bentuk perut normal tidak terlihat buncit, tulang iga terlihat lebar, bagian depan hingga belakang terlihat rata, bentuk badan tidak rucing, serta berat badan sekitar 15—25 kg.

 

  • Bagian Bokong

Jika di lihat dari bagian belakang, bagian bokong tidak terlihat runcing dan tentunya lebar.

 

  • Bagian Kaki

Bakalan yang bagus memiliki kaki kokoh, lurus, dan kuat. Pada bagian kaki juga terlihat tonjolan tulang besar pada kaki. Pilihlah bakalan yang memiliki kaki kuat dan nomal, tidak berbentuk X atau O. Jika berjalan, kaki domba terlihat bagus.

 

Baca Hadits Makanan Halal (klik disini)

 

  • Bagian Bulu

Pilihlah bulu yang halus, tidak kasar, dan tidak gembel. Warna bulu putih polos juga bisa menjadi indikasi bakalan domba berkualitas. Karena logikanya jika dari bakalan saja sudah halus, kedepannya akan semakin halus dan bagus bulu nya.

 

  • Bagian Gigi

Pilihah bakalan yang memiliki jumlah gigi lengkap pada bagian rahang atas dan rahang bawah. Tujuannya adalah agar ternak dapat memamah (mengunyah pakan) dengan baik sehingga proses makan ternak tidak terganggu. Karena jika domba tersebut memiliki gangguan makan, akan sulit untuk menambah bobot.

 

Kesimpulan

Sebagai pelaku usaha penggemukan domba alangkah baiknya selalu detail dalam memilih domba bakalan yang akan di jual kembali di masa mendatang. Tujuan dari detail memilih adalah agar memiliki standar domba bakalan yang tinggi. Yang memiliki nilai jual tinggi di kemudian hari.

 

Sumber: pertanianku.com

Scroll to Top