Suatu usaha ternak sapi penggemukan pasti di awali dengan sapi bakalan. Sapi bakalan merupakan sapi anakan yang akan di ternak hingga bobotnya memenuhi nilai standar jual. Dengan cara di beri pakan yang berkualitas dan perawatan yang baik. Namun, jangan hanya liat dari cara pemberian pakannya saja. Melainkan harus di perhatikan juga ciri dari sapi bakalan tersebut. Apakah sapi tersebut berkualitas atau tidak. Logikanya jika kita membeli kualitas yang baik di awal, kedepannya akan semakin bagus kualitasnya.

 

Berikut adalah ciri sapi bakalan berkualitas yang harus di perhatikan..

 

Peternakankita,-

  1. Badan kompak (proposional). Rangka tubuh tampak kokoh dan lebar (tidak tipis)
  2. Tubuh panjang dengan tinggi tubuh bagian depan dan belakang relatif sama
  3. Dada lebar, bakalan sapi yang baik umumnya memiliki dada yang lebar (tidak sempit) sehingga pertambahan daging selama penggemukan di bagian ini cukup banyak atau maksimal.
  4. Bulu pendek dan kering dan mata bersinar dan responsif terhadap lingkungan.
  5. Perut kecil, tetapi pantat lebar. Bakalan sapi dengan perut besar (buncit) mengidentifikasi terserang cacingan. Selain itu, perut bakalan sapi yang terlalu besar biasanya juga memengaruhi jumlah karkas yang dihasilkan karena kosentrasi pertambahan bobotbanyak terserap ke perut sehingga mengurangi pertambahan daging ke bagian lain, seperti dada, paha, atau pantat.
  6. Kaki kokoh dengan tulang kaki besar. Kaki yang kokoh sangat penting untuk menopang bobot seiring pertambahan bobot.
  7. Bentuk kaki noormal dan lurus, sejar, tidak membentuk X atau O.
  8. Tidak terlalu kurus dan gemuk. Bakalan sapi yang terlalu kurus biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk digemukkan. Selain itu, Bakalan sapi yang terlalu kurus kemungkinan menderita penyakit seperi cacingan atau pernah memakan sesuatu yang tidak seharusnya, seperti plastik atau karet. Sebaliknya, bakalan yang terlalu gemuk juga kurang ideal untuk digemukkan karena pertambahan bobot hariannya tidak sebanyak bakalan sapi yang badannya ideal.
Baca Domba Bakalan Berkualitas (klik disini)

 

Dengan ciri sapi bakalan yang berkualitas di atas, di harapkan para peternak sapi dapat memilih sapi dengan tepat.

Scroll to Top