Cegah infeksi saluran pernapasan

CEGAH INFEKSI SALURAN PERNAPASAN ATAS (ISPA)

DENGAN KONSUMSI IKAN LELE

Belakangan ini ramai sekali perbincangan di tengah masyarakat mengenai indeks kualitas udara di Indonesia. Pemicunya adalah banyaknya masyarakat yang mengunggah foto situasi langit yang menunjukkan warna kelabu ke media sosial.

Mereka meyakini bahwa penyebab kelabunya warna langit adalah polusi udara yang kian parah, sehingga menyebabkan kualitas udara menurun. Setelah ramainya pembahasan mengenai kualitas udara, mulai ramai diperbincangkan mengenai penyakit-penyakit pernapasan sebagai dampak dari buruknya kualitas udara.

Salah satu yang paling ramai dibahas adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA.

Sumber: Freepik

ISPA adalah penyakit infeksi akut yang menyerang bagian saluran nafas mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adneksanya seperti sinus, rongga telinga tengah dan pleura (Irianto, 2015).

Penyakit ini umumnya sering menyerang balita, anak-anak, dan orang lanjut usia. Selain kelompok-kelompok tersebut, orang dengan imunitas tubuh lemah juga rentan terserang ISPA. Oleh karena itu, penting untuk kita mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit ISPA.

Ikan menjadi salah satu produk pangan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam mencegah masuknya bakteri atau virus penyebab ISPA.

Salah satunya yaitu ikan lele. Lele mengandung protein yang tinggi, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ISPA.

 

Membuat menu varian olahan ikan lele

 

Kebanyakan masyarakat Indonesia terbiasa mengkonsumsi ikan lele dengan cara digoreng begitu saja dan dipadukan dengan nasi. Padahal ikan tersebut dapat diolah menjadi menu lainnya yang lebih bervariasi dan dengan rasa yang enak.

Salah satu olahan berbahan dasar ikan lele yaitu “Mangut Lele” yang merupakan makanan khas Yogyakarta. Ikan lele yang digunakan terlebih dahulu melalui proses pengasapan sehingga terdapat aroma smoky yang dapat menambah cita tersendiri.

Ikan lele yang sudah diasap dicampur dengan bumbu kuning kaya rempah yang menggugah selera. Proses pengolahannya yang cukup panjang, sebanding dengan rasanya yang nikmat, serta kandungannya yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Link Pembelian Produk Mangut Lele Kemasan:

081385459930

Scroll to Top