Umumnya, sekarang penjual kerap melakukan kecurangan pada konsumen. Yang seharusnya perbuatan tersebut tidak perlu di lakukan. Konsumen yang membeli produk kaleng tersebut pun sangat merasa di curangi. Penjual menipu dengan tujuan yang beragam. Yang paling umum adalah meningkatkan keuntungan. Tentu keuntungan yang tidak baik bukan? Sebagian produk kaleng tentu patut dicurigakan.

Sayangnya, terkadang konsumen masih belum sadar. Dalam artian mereka tetap jatuh ke lubang yang sama. Padahal jika kita sebagai konsumen belajar dari kesalahan, kedepan kita akan tahu hal seperti apa yang harus kita curigakan.

 

Baca juga legalitas produk MT Farm! (klik disini)

 

 

Apa sih yang harus dicurigakan?

 

Sebenarnya hal penipuan bisa kita hindari dengan kesadaran kita sebagai konsumen. Pada dasarnya produk yang baik adalah produk yang mencantumkan kompisisi nya dengan sesuai dan akurat. Penjualnya pun juga harus transparan dengan informasi tentang produksi. Penjualnya pun juga harus transparan dengan informasi tentang produksi.

Hal pertama yang harus di curigakan adalah produk kaleng yang berkomposisi sedikit namun memiliki rasa yang tidak biasanya. Pada kasus ini penjual kerap tidak mencantumkan kompisisi sepenuhnya.

Hal kedua adalah kita sebagai konsumen harus telusuri latar belakang dari produk kaleng tersebut. Apakah penjual memproduksi dengan cara yang higienis dan teratur. Semakin higienis produksinya, akan semakin baik juga kualitas produknya.

Hal yang ketiga adalah perhatikan legalilitas di produk kaleng tersebut. Karena legalitas ini penting keberadaanya. logikanya semakin lengkap legalitas dari produk, produk itu akan semakin terpercaya. Paling minimal, apakaah terdapat logo halal di kemasan itu. Jika tidak, kandungan pada kemasan kemungkinan mengandung zat haram (untuk kaum muslim).

Hal yang keempat adalah kita sebagai konsumen harus bisa menganalisa pembelian produk kaleng tersebut. Seperti hal nya jika produk kaleng merk “A” sangat laris pada awalnya. Lama kelamaan, produk tersebut jadi minim pembeli. Ada kemungkinan bahwa sebagian pembeli merasa di curangi atas pembelian terhadap produk tersebut

 

Info qurban segar! (klik disini)

 

Kesimpulan

 

Kita sebagai konsumen harus memiliki kesadaran penuh atas keputusan pembelian yang akan kita lakukan. Hal itu akan bermanfaat jika kita lakukan terus menerus. Baik untuk kesehatan maupun ekonomi.

 

Scroll to Top